Cari Blog Ini

Kamis, 06 September 2012

Rngkuman ideologi terbuka


E. SIKAP SIKAP POSITIF TERHADAP NILAI NILAI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA

sikap positif terhadap Bersikap proaktif akan menumbuh kan dan mengembangkan nilai nilai positif bangsa indonesia sehingga mampu mengejar kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi negara negara maju .

1.  Ketuhanan Yang Maha Esa
Setiap suku bangsa dalam negara indonesia tidak di perbolehkan menganut paham yang meniadakan adanya tuhan yang maha esa . sila pertama ini merupakan sumber pokok nilai nilai kehidupan bangsa indonesia, menjiwai dan mendasari serta membimbing perwujudan kemanusiaan yang adil dan beradab. Sila ini tercakup nilai nilai yang mengatur hubungan negara dengan agama, hubungan manusia dengan sang pencipta serta nilai yang menyangkut hak asasi manusia yang paling asasi.

2.  Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
Sila kedua ini terkandung nilai cinta kasih yang harus di kembangkan seperti nilai etis yang menghargai keberanian untuk membela kebenaran santun dan menghormati harkat kemanusiaan. Nilai yang terkandung adalah nilai yang merupakan refleksi dari martabat serta harkat manusia yang memiliki potensi kultural.

3.  Persatuan Indonesia
Pada sila ini persatuan yang di maksud meliputi makna persatuan dan kesatuan dalam arti ideologis, politik, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan. Nilai nilai yang terkandung adalah sebagai berikut
a.    Kedudukan dan martabat manusia indonesia untuk menghargai keseimbangan antara kepentingan pribadi dan masyarakat.
b.    Menjunjung tinggi tradisi kejuangan dan kerelaan untuk berkorban dan membela kehormatan bangsa dan negara.
c.    Nilai patriotik serta penghargaan rasa kebangsaan sebagai realitas yang dinamis.

4.  Kerakyatan Yang Di Pimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
Dalam sila ini di akui bahwa negara republik indonesia menganut asas demokrasi yang bersumber kepada nilai nilai kehidupan yang berakar dalam budaya bangsa indonesia nilai musyawaroh mencerminkan sikap dan panangan hidup bernilai kebenaran dan keabsahan yang tinggi misalnya sebagai berikut :
a.    Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
b.    Lebih menghargai kesuka relaan dan kesadaran dari pada memaksakan sesuatu kepada orang lain.
c.    Menghargai sifat etis berupa tanggung jawab yang harus di tunaikan sebagai amanat seluruh rakyat. Tidak hanya di tunjukkan kepada manusia tetapi juga tanggung jawab moral terhadap tuhan yang maha esa.

5.  Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Arti keadilan sosial Dalam sila ini yaitu kepentingan pribadi tidak di korban kan untuk kepentingan masyarakat hanya karena pertimbangan ”demi masyarakat “
Nilai nilai yangterkandung dalam sila kelima :
a.    Nilai nilai luhur nilai keselarasan, keseimbangan dan keserasian yang menyangkut hak dan kewajiban yang di miliki oleh rakyat tanpa membedakan asal suku, agama yang di anut, keyakinan politikserta tingkat ekonominya.
b.    Nilai kedermawanan kepada sesama
c.    Nilai yang memberi tempat kepada sikak hidup hemat, sederhana, dan kerjakeras.
d.    Menghargai karya, dan norma yang menolak adanya kesewenang wenangan, serta pemerasan kepada sesama .
e.    Nilai vital yaitu keniscayaan serta bersama mewujudkan kemajuan yang merata berkeadilan sosial, dalam makna untuk menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia

Keterbukaan ideologi pancasila bukan berarti mengubah nilai ni;lai dasar yang terkandung di dalamnya. Keterbukaan ideologi yang di maksud adalah mengexplisitkan wawasan menjadi lebih kongkret sehingga mampu memecahkan masalah masalah aktual seiring dengan aspirasi rakyat dan perkambangan zaman.
Dalam ideologi terbuka terdapat pandangan, cita cita, dan nilai nilai yang mendasar dan bersifat tetap.
Dengan demikian proses menentukan konstitusi atau undang undang tersebut di lakukan berdasarkan musyawarah  untuk mufakat.