Cari Blog Ini

Jumat, 18 Mei 2012

Fungsi Larutan Penyangga Dalam Kehidupan Sehari Hari
.Darah Sebagai Larutan Penyangga
Ada beberapa faktor yang terlibat dalam pengendalian pH darah, diantaranya  penyangga karbonat, penyangga hemoglobin dan penyangga fosfat.
a.    Penyangga Karbonat
Penyangga karbonat berasal dari campuran asam karbonat (H2 CO3 ) dengan basa  konjugasi bikarbonat (HCO3 ). 
H2 CO 3 (aq) --> HCO3 (a q) + H+(a q)
Penyangga karbonat sangat berperan penting dalam mengontrol pH darah. Pelari maraton dapat mengalami kondisiasi dosis, yaitu penurunan pH darah yang disebabkan oleh metabolisme yang tinggi sehingga meningkatkan produksi ion bikarbonat. Kondisi asidosis ini dapat mengakibatkan penyakit jantung, ginjal, diabetes miletus (penyakit gula) dan diare. Orang yang mendaki gunung tanpa oksigen tambahan dapat menderitaal kal osis, yaitu peningkatan pH darah. Kadar oksigen yang sedikit di gunung dapat membuat para pendaki bernafas lebih cepat, sehingga gas karbondioksida yang dilepas terlalu banyak, padahal CO2 dapat larut dalam air menghasilkan H2 CO3. Hal ini mengakibatkan pH darah akan naik. Kondisi alkalosis dapat mengakibatkanhi per v e n tilasi (bernafas terlalu berlebihan, kadang-kadang karena cemas dan histeris).
b.    Penyangga Hemoglobin
Pada darah, terdapat hemoglobin yang dapat mengikat oksigen untuk selanjutnya dibawa ke seluruh sel tubuh. Reaksi kesetimbangan dari larutan penyangga oksi hemoglobin adalah:
HHb + O 2 (g)mHbO2- + H+
Asam hemoglobin ion aksi hemoglobin
Keberadaan oksigen pada reaksi di atas dapat memengaruhi konsentrasi ion H+, sehingga pH darah juga dipengaruhi olehnya. Pada reaksi di atas O2 bersifat basa. Hemoglobin yang telah melepaskan O2 dapat mengikat H+ dan membentuk asam hemoglobin. Sehingga ion H+ yang dilepaskan pada peruraian H2 CO3 merupakan asam yang diproduksi oleh CO2 yang terlarut dalam air saat metabolisme.
c.    Penyangga Fosfat
Pada cairan intra sel, kehadiran penyangga fosfat sangat penting dalam mengatur pH darah. Penyangga ini berasal dari campuran dihidrogen fosfat (H2 PO4- ) dengan monohidrogen fosfat (HPO32 - ).
H2 PO4- (a q) + H+(a q) "H2 PO4 (a q)
H2 PO4 -(a q) + OH-(a q) --> HPO 42 - (aq) ) + H2 O(aq)
Penyangga fosfat dapat mempertahankan pH darah 7,4. Penyangga di luar sel hanya  sedikit jumlahnya, tetapi sangat penting untuk larutan penyangga urin.
1.    Air Ludah sebagai Larutan Penyangga
Gigi dapat larut jika dimasukkan pada larutan asam yang kuat. Email gigi yang rusak dapat menyebabkan kuman masuk ke dalam gigi. Air ludah dapat mempertahankan pH pada mulut sekitar 6,8. Air liur mengandung larutan penyangga fosfat yang dapat menetralisir asam yang terbentuk dari fermentasi sisa-sisa makanan.
2.    Menjaga keseimbangan pH tanaman.
Suatu metode penanaman dengan media selain tanah, biasanya ikerjakan dalam kamar  kaca dengan menggunakan mendium air yang berisi zat hara, disebut dengan  hidroponik . Setiap tanaman memiliki pH tertentu agar dapat tumbuh dengan baik.  Oleh karena itu dibutuhkan larutan penyangga agar pH dapat dijaga.
3.    Larutan Penyangga pada Obat-Obatan
Asam asetilsalisilat merupakan komponen utama dari tablet aspirin, merupakan obat penghilang rasa nyeri. Adanya asam pada aspirin dapat menyebabkan perubahan pH pada perut. Perubahan pH ini mengakibakan pembentukan hormon, untuk merangsang penggumpalan darah, terhambat; sehingga pendarahan tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu, pada aspirin ditambahkan MgO yang dapat mentransfer kelebihan asam.

Hidrolisis dalam Kehidupan Sehari-hari. Aplikasi Konsep hidrolisis dalam kehidupan misalnya adalah:
1.    Pelarutan sabun
Garam natrium stearat, C17H 35COONa (sabun cuci) akan mengalami hidrolisis jika dilarutkan dalam air , menghasilkan asam stearat dan basanya NaOH.
Reaksi: C17H 35COONa + H 2O
C17H 35COOH + NaOH
Oleh karena itu, jika garam tersebut digunakan untuk mencuci, airnya harus bersih
dan tidak mengandung garam Ca 2+ atau Mg 2+. garam Ca 2+ dan Mg 2+ banyak
terdapat dalam air sadah. Jika air yang digunakan mengandung garam garam Ca 2+,
terjadi reaksi
2(C17H 35COOH) + Ca 2+
(C17H 35COO) 2 + H +
Sehingga buih yang dihasilkan sangat sedikit. Akibatnya, cucian tidak bersih karena
fungsi buih untuk memperluas permukaan kotoran agar mudah larut dalam air.
2.    Penjernihan air
Penjernihan air minum oleh PAM berdasarkan prinsip hidrolisis, yaitu menggunakan  senyawa aluminium fosfat yang mengalami  hidrolisis total.
Fungsi Hidrolisis dalam Kehidupan Sehari-Hari
Agar tanaman tumbuh dengan baik, maka pH tanaman harus dijagam pH tanah di daerah pertanian harus disesuaikan dengan pH tanamannya. Oleh karena itu diperlukan pupuk yang dapat menjaga pH tanah agar tidak terlalu asam atau basa. Biasanya para petani menggunakan pelet padat (NH4 )2 SO4 untuk menurunkan pH tanah. Garam (NH4 )2 SO4 bersifat asam, ion NH4+ akan terhidrolisis dalam tanah membentuk NH3 dan H+ yang bersifat asam.
Kita juga sering memakai bayclin atau sunklin untuk memutihkan pakaian kita. Produk ini mengandung kira-kira 5 % NaOCl yang sangat reaktif sehingga dapat menghancurkan pewarna, sehingga pakaian menjadi putih kembali. Garam ini terbentuk dari asam lemah HOCl dengan basa kuat NaOH. Ion OCl- terhidrolisis menjadi HOCl dan OH-, sehingga garam NaOCl bersifat basa.
Hidrolisis ester-ester kompleks utuk membuat sabun
Pembahasan ini berkaitan dengan hidrolisis basa (dengan menggunakan larutan natrium hidroksida) ester-ester besar yang ditemukan dalam lemak dan minyak hewani dan nabati.
Jika ester-ester besar yang terdapat dalam lemak dan minyak hewani dan nabati
dipanaskan dengan larutan natrium hdiroksida pekat, reaksi yang terjadi persis sama
dengan reaksi pada ester-ester sederhana.